Karena Malas Setitik Timbul Rajin Sebelanga (Part 1)

<<Ini adalah tugas bahasa Indonesia, membuat cerpen. Tolong diberi tanggapan dan saran biar dapat nilai yang bagus, hehehe>>

“Karena malas setitik, rusak rajin sebelanga” – anonymous

Sejak hampir 3 bulan aku sekolah di sekolah baruku, aku merasa ingin dan ingin sekali pergi menghibur diri, pergi dari semua jenis ikatan dan tekanan yang disebut dengan PR, tugas, makalah, dan apa yang memiliki hubungan yang sama dengan mereka. Mereka seperti hantu-hantu yang bergentayangan di kuburan kuburan.

Selama ini tugas kulaksanakan dengan santai, PR kukerjakan dengan tekun, meskipun hasilnya jauh dari satu angka 1 dan dua angka 0. Bagiku terserah guruku akan memberi nilai seperti apa, tapi untukku, asal tanggung jawab dan sudah berusaha, itu tak akan membuat masalah besar. Namun untuk kali ini, aku sangat berbeda, jauh dari pengharapan, melenceng dari apa yang seharusnya aku rasakan. Malas mulai datang ke dalam hatiku tanpa permisi…

Sejak hari Sabtu badanku terasa sangat kaku dan sulit untuk digerakkan. Aku coba untuk menggerakkan sendi engselku… sakit! Lalu sendi putarku… aduh! Sakit sekali! Akhirnya kuputuskan untuk membuat surat ijin dan memberikannya pada tetanggaku. Aku kemudian tertidur pulas. Sejak pukul 7 pagi aku tertidur sampai pukul 4 sore, aku hanya terbangun satu kali untuk sholat Duhur. Itupun mungkin hanya 7 menit. Setelah benar benar bangun aku segera bertanya kepada Janson, temaku, ada PR kah? Dijawabnya: PKn hal 114, dikerjakan semua, dikumpulkan hari Senin jam pertama. Tanpa mengeceknya, aku tidur lagi.

Sudah 2 hari ini aku bisa tertidur pulas. Tidak tahu kenapa hati ini terasa seperti terbuka lebar, lebar sekali. Dada ini begitu lapang bagai lapangan. Mungkin karena aku bisa sejenak pergi dari genggaman hantu-hantu PR dan tugas. Kegiatan yang kulakukanpun juga berubah. Yang awalnya sore sampai malam kugunakan untuk belajar. Sekarang, sore nonton TV, malam nonton lagi lalu tidur lagi. Oh lezat… Andai saja setiap hari adalah seperti hari ketika aku sakit… pasti seru!

Akhirnya, pada hari Senin pagi setelah Subuh, aku tata buku-bukuku. Aku akan masuk pada hari itu. Saat, kupegang buku Pknku, otakku berpikir kesana kemari: rasanya ada yang lupa… . Aku mulai meraba raba apa yang aku ingat. Lama aku berpikir, tetap saja tidak teringat. Kucek Hpku, kubuka sms dari teman temanku. Aku buka semua outbox, belum ingat. Lalu inbox. Satu per satu pesan kubuka. Saat tertera nama Janson di layar Hpku, aku teringat… PR! PR! PR! Kubuka pesan Janson: PKn hal 114, dikerjakan semua, dikumpulkan hari Senin jam pertama! Bah, aku lupa! Dan lagi, guruku ini sangat galak!

Aku buka buku Pknku. Kulihat halaman 114: uji kompetensi Bab 4. Kukira hanya satu halaman saja, ternyata 5 halaman! Bah! Kulihat jam dinding di kamarku, 04.57! Dengan segala ilmuku, aku mengerjakan dengan sangat sangat cepat. Tidak kuhiraukan salah atau benar, jawaban panjang atau singkat, yang penting aku bisa menyelesaikannya.

05.20, aku meyelesaikan tiga setengah halaman…

05.29, aku menyelesaikan semuanya!

Dengan waktu yang sangat singkat aku menyelesaikannya. Aku kemudian makan lalu mandi kemudian berangkat sekolah. Benar benar seperti janji: guruku PKn yang memberi tugas bejibun, Ms. Elizabeth (nama sebenarnya adalah Ani Wardani, aku tidak tau kenapa teman temanku memanggilnya begitu), datang ke kelasku dan menyuruh ketua kelas untuk mengumpulkannya di ruang guru. Aaaahhh, tugasku yang aku kerjakan dengan sangat cepat akan dinilai…

Bersambung…part2

About fauzanfnr2

Tentang aku dan apa adanya saja

Posted on November 6, 2011, in Cerita, Entahlah, Humor, Masalah, Motivasi, Tangis and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. ada – ada sajo kau ini..
    wkwkwkw

  2. like what u’ve told to me..
    sangat menginspirasi

Leave a Reply

