“Saya tidak punya masalah dengan komersialisasi. Menurut saya, iklan bukanlah sesuatu yang jahat. Namun iklan tidak memiliki tempat di sini — tidak di Wikipedia”

The Wikimedia FoundationKamis, ibu guru biologi kami memberi amanat kepada kami dengan tugas tugas yang, bagaimanapun dan ini jujur, sedikit mengesalkan hatiku. Aku bosan sih, tapi bagaimana lagi?

Sebenarnya, ibu guru biologi kami memberi amanat sedikit sekali. namun, yaaaah, malas mulai menyergapku, mengepungku dari kanan, kiri. Jika tidak, depan belakang. Kalau belum mampu, atas bawah. Sudah. Dan akan seperti itu terus pola penyergapan kemalasan. Namun kepadaku, malas hanya butuh sekali tengok, ia mendapatakanku.

Tidak lama hari berselang, malasku mulai luntur (yaaaaahhhhh!!!!). Usahaku mengerjakan amanatpun mulai…

Alga merah, aku mengetikkan keyword di google. Penemuan kurang memuaskan. Rhodophyta… Sama saja… Kemudian aku buka wikipedia. Di dalam wikipedia, ada suatu ganjalan hal yang membuatku penasaran. melihatnya sekali saj, mataku jelalatan. Itu bukan soal gadis cantik ataupun gambar tidak senonoh. Tapi ini benar benar mamaksa jariku untuk mengklik kiri mouse ku: “Sebuah permohonan dari pendiri Wikipedia Jimmy Wales.”

Google mungkin memiliki hampir sejuta server. Yahoo memiliki sekitar 13.000 staf. Kami hanya memiliki 679 server dan 95 staf.

Wikipedia adalah situs #5 di web dan melayani 450 juta orang yang berbeda setiap bulan – dengan miliaran kunjungan halaman.

Saya tidak punya masalah dengan komersialisasi. Menurut saya, iklan bukanlah sesuatu yang jahat. Namun iklan tidak memiliki tempat di sini — tidak di Wikipedia.

Wikipedia merupakan sesuatu yang istimewa. Wikipedia ibarat perpustakaan atau taman untuk umum. Wikipedia laksana ruang suci bagi pikiran. Wikipedia adalah tempat kita semua dapat datang untuk berpikir, belajar, dan berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Ketika saya memulai Wikipedia, saya dapat saja menjadikannya sebagai sebuah perusahaan komersial yang menayangkan iklan, namun saya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kami bekerja keras setiap tahun untuk menjaga kita tetap ramping dan ketat anggaran. Kami memenuhi misi kami, dan kami tidak menyia-nyiakannya.

Jika setiap orang yang membaca ini menyumbangkan $5, kami hanya perlu melakukan penggalangan dana selama satu hari setiap tahunnya. Tetapi tidak semua orang dapat atau ingin menyumbang. Dan hal itu tidak apa-apa. Setiap tahun cukup banyak jumlah orang yang memutuskan untuk menyumbang.

Tahun ini, pertimbangkanlah untuk memberikan sumbangan $5, €10, ¥1000, atau berapa pun yang Anda mampu untuk melindungi dan melestarikan Wikipedia.

Terima kasih,

Jimmy Wales
Perintis Wikipedia

Wow! Seketika itu juga kau terkagum kagum kepada Jimmy Wales. Ia tidak komersiil dan aku suka itu. Itu juga bisa dilihat dari web wikipedia yang ‘.org’. Di dalamnya juga tidak ada iklan satupun, dan aku suka itu.

4 jempolku untukmu Jimmy Walles!

Advertisements

About fauzanfnr2

Tentang aku dan apa adanya saja

Posted on November 19, 2011, in Cerita, Hobby, Ilmu Pengetahuan, Internet, Tugas and tagged , , . Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. Suka dengan pemikiran dan keteguhan pendiriannya.. Salut buat wikipedia

  2. udah baca tadi siang di salah satu blog temen, 😀 mungkin jimmy cukup menjadi dirinya sendiri kali ya,, gak mau ikutan kyk facebook, eehehhe

  3. wikipedia hanya digunakan sebagai bahan pendidikan dan bukan sebagai penghasil $_$

  4. sekalain jempol kaki juga dari saya kalau begitu tuk beliau 🙂

  5. iya aku juga sempet bertanya2 kenapa wikipedia yang hitnya pasti tinggi nggak pernah pasang ads. ternyata mereka bener2 menjaga kredibilitasnya sebagai sumber informasi gratis ya.. *sotoy* :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: